Lapas Banjarmasin Melaksanakan Kegiatan Bakti Sosial Narapidana

BANJARMASIN, lapasbanjarmasin.com – Kamis, 23 April 2020, Lapas Banjarmasin dipimpin langsung oleh Bapak Kalapas Imam Setya Gunawan beserta jajaran melaksanakan Bakti Sosial Narapidana berupa penyerahan bantuan hasil karya narapidana kepada masyarakat yang membutuhkan berupa APD masker dan Hasil Ketahanan Pangan/Agribisnis yang berupa sayur-mayur dan lainnya. Adapun pelaksanaan bakti sosial ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh UPT Pemasyarakatan Pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-56 dengan tema yaitu “Speed Up Berprestasi Pemasyarakatan PASTI Bersih Melayani”. Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-56 Tahun 2020 bukan sekedar kegiatan yang sifatnya rutinitas dan seremonial belaka melainkan momentum jajaran pemasyarakatan untuk melakukan instrospeksi sekaligus memperkokoh komitmen seluruh insan pemasyarakatan dalam mewujudkan tujuan Sistem Pemasyarakatan tanpa meninggalkan aspek – aspek penegakan hukum sebagaimana dilakukan para pendahulu kita yang berupaya dengan semangat, tenaga dan pikiran guna meletakkan dasar-dasar pemasyarakatan sebagai pedoman Bangsa Indonesia, khususnya petugas pemasyarakatan dalam memperlakukan pelanggar hukum yang merupakan tonggak awal system Pemasyarakatan ditancapakan sebagai tanda kedaulatan bangsa Indonesia dalam
perlakuan terhadap pelanggar hukum.

Peringatan hari lahirnya Sistem Pemasyarakatan tahun 2020 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, saat ini Indonesia bahkan dunia tengah diterpa bencana pandemic global Corona Virus Disease 19 (Covid-19) namun hal tersebut tidak menurunkan semangat jajaran Pemasyarakatan untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada narapidana, tanahan dan anak serta masyarakat dan memastikan terus melakukan upaya-upaya dalam rangka penyelamatan, Pencegahan, dan penanggulangan penyebaran Covid-19 di Lapas, Rutan dan LPKA. Sehingga peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke- 56 Tahun 2020 dilaksanakan serentak secara virtual dengan memperhatikan protocol kesehatan penyebaran Covid-19.

Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-56, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa Pemasyarakatan masih mempunyai semangat dan mempunyai tekad dalam memberikan pelayanan prima kepada narapidana, tanahan dan anak serta di tengah penyebaran pandemic Covid-19.

Diselenggarkannya Kegiatan ini dimaksudkan untuk tetap menjaga semangat perubahan dan terus memotivasi untuk terus melakukan inovasi dalam mencapai tujuan sistem pemasyarakatan sebagaimana dilakukan oleh para pendahulu Pemasyarakatan. Diantaranya Peningkatan kualitas Pelayanan Tahanan, Pembinaan Narapidana, Pembimbingan Klien, Pengentasan Anak serta Pengelolaan Basan dan Baran ditengan kondisi bencana nasional pandemic Covid-19. Serta, Optimlisasi pelayanan dalam rangka penyelamatan, pencegahan dan penanggulangan Covid-19 diseluruh Unit Pelaksanaan Teknis Pemasyarakatan sebagai wujud partispasi aktif jajaran Pemasyarakatan dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19.

@DITJEN_PAS
@DitjenPAS
@ditjenpas

#baktipemasyarakatanke56

#KumhamPASTI

#baktisosial

#napipeduli

#bersatumelawanCOVID19

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *